Halo agan-agan yang tampan dan berani :v kembali lagi bersama saya (Pasti Tau Lah) Kali ini saya mau posting tentang Rotary Configuration Engine,.. Tidak usah panjang lebar mari di simak...
Selain Mesin 2 tak & 4 tak, ada satu jenis mesin lagi yang gak boleh dianggap
remeh. Yup, Mesin Rotary !!! Mesin ini diciptakan oleh insinyur Jerman yang
bernama Felix Wankel. Dia menciptakan mesin rotary pada tahun 1950-an
di NSU Motorenwerke AG.
Mesin rotary atau bisa juga disebut
dengan Mesin Wankel adalah mesin pembakaran dalam yang digerakkan oleh tekanan
yang dihasilkan oleh pembakaran dirubah menjadi gerakan berputar pada rotor
yang menggerakkan sumbu (wikipedia). Mesin ini terbilang unik karena pistonnya
merangkap sebagai ruang bakar & memiliki gerak berputar (berotasi), bukan
seperti mesin lainnya yang lazim bergerak vertikal ato horisontal.
Salah
satu keunggulan Mesin Rotary adalah mesinnya kompak & keluaran tenaga
yang dihasilkan cukup besar meski kapasitas mesinnya terbilang kecil. Pada
awalnya banyak pabrikan yang menggunakan mesin ini seperti GM, Mercedes Benz,
Mazda, Rolls Royce dsb. Namun diantara semua pabrikan saat ini hanya tinggal
pabrikan Mazda saja yang serius mengembangkan Mesin Rotary.
Hingga saat ini
mesin rotary adalah dapur pacu wajib di jajaran mobil sport Mazda RX series.
Kita ambil contoh Mazda RX8, kapasitas mesinnya cuman 1.300 cc
tapi keluaran tenaganya mencapai 232 hp !
Mazda RX8
Dibalik
semua keunggulan itu tentu ada kelemahan. Mesin rotary ini cukup boros bahan
bakar. Mirip dengan mesin 2 tak lah. Sebagai info Mazda RX8 konsumsi BBM-nya
rata2 sekitar 1:7 !!! Itu dalam kondisi normal lohhh…!!! Lain cerita kalo
mobil dipake geber2an, udah pasti sering mampir ke pom bensin 😃 Kelemahan selanjutnya adalah boros oli & kadar emisi yang cukup
tinggi.
Isu
lingkungan menjadi perhatian serius pihak Mazda. Kabar terakhir menyebutkan
bahwa generasi mendatang Mazda RX8 akan lebih hemat BBM sebesar 20% &
berkadar emisi rendah. Mesin akan digunakan 1.600 cc (konfigurasi twin
rotor 2×800 cc)
dengan output sebesar 270 hp !!!
Bagaimana dengan
motor ??? apakah ada motor yang pernah menggunakan mesin rotari ??? ternyata
ada bro !!! Beberapa diantaranya adalah Suzuki RE5 yang diproduksi antara tahun
1975-1976, Norton F1, Norton NRV588 & NRV700.
Speknya 497 cc, tenaganya 62
hp @ 16.500 RPM & torsi 74,35 Nm @ 13.500 RPM !
Norton NRV 588, speknya 588
cc twin rotor, tenaga 170 hp & torsi 108 Nm !
Sekian dari saya, semoga bermanfaat bagi agan-agan sekalian👍
0 komentar:
Posting Komentar